Jajanan atau camilan yang dijual di sekolah dasar memang masih menjadi favorit sebagian masyarakat. Banyak anak-anak yang sudah beranjak dewasa yang merindukan jajanan yang dijual di SD tersebut. Bahkan sebagian dari anda yang sudah dewasapun masih mencari jajanan SD yang ngangenin. Yang masih populer sampai sekarang adalah jajanan SD dari tepung, yang masih bisa anda temui dengan mudah di sekitar anda.

Jenis tepung yang sering dijumpai menjadi bahan utama pembuatan jajanan SD ini adalah tepung terigu dan tepung tapioka. Kita ambil contoh camilan SD yang masih populer hingga sekarang adalah aci. Yaps, seperti yang anda ketahui aci merupakan kata dari bahasa sunda yang berarti tepung tapioka. Ada banyak sekali varian aci yang dapat kita temukan di sekolah dasar atau pinggir jalan.

Camilan yang satu ini memang tak lekang oleh zaman dari dahulu hingga sekarang masih bertahan dan malah bertambah banyak variasinya. Jadi anda tidak perlu khawatir jajanan ini akan hilang, karena pabrik tepung tapioka masih memproduksi bahan utama pembuatannya. Selain aci masih banyak lagi jajanan SD dari tepung yang pastinya bikin anda merindukannya.

Jajanan SD dari tepung, Sumber : food.detik.com
Jajanan SD dari tepung, Sumber : food.detik.com

Daftar Jajanan SD Berbahan Tepung

Di bawah ini telah kami rangkumkan beberapa jajanan SD dari tepung, yang dapat membuat anda bernostalgia kembali pada saat anda masih duduk di bangku sekolah dasar.

1. Telur Gulung

Jajanan pertama yang sampai sekarang masih menjadi primadona bagian sebagian masyarakat adalah telur gulung. Telur gulung ini terbuat dari telur yang dicampur dengan tepung terigu dan tambahan bahan pelengkap lainnya. Keunikan dari telur gulung ini adalah penyajiannya yang digulung menggunakan tusuk sate.

Biasanya telur gulung ini dijual dengan harga Rp 1.000/tusuk, setelah telur ini gulung ini jadi akan dimasukkan kedalam plastik. Setelah itu anda bebas memilih akan diberi pelengkap seperti saos sambal atau saos tomat. Telur gulung ini akan lebih nikmat bila disantap saat masih hangat. Bagaimana semakin rindu jajanan SD yang satu ini bukan?

Telur gulung, Sumber : saran.id
Telur gulung, Sumber : saran.id

2. Cilok

Jajanan selanjutnya yang masih populer hingga sekarang adalah cilok. Yaps, kepanjangan dari cilok ini adalah aci dicolok. Camilan yang satu ini berasal dari Jawa Barat, dan sangat digemari oleh berbagai kalangan masyarakat. Mulai dari anak-anak hingga dewasa menyukai jajanan ini. Cilok terbuat dari tepung tapioka yang biasanya disajikan dengan saus, kecap, sambal kacang, atau bumbu tabur berbagai rasa.

Anda masih bisa dengan mudah menjumpai penjual cilok di pinggir jalan atau di sekitar sekolah dasar yang ada di lingkungan anda. Banyak penjual cilok yang pengemasannya masih menggunakan plastik yang di atasnya dicolok dengan tusuk sate. Namun sudah banyak juga yang mulai menggunakan wadah yang lebih modern seperti mika, dan lainnya.

Gambar cilok, Sumber : kompas.com
Gambar cilok, Sumber : kompas.com

3. Cimol

Berikutnya ada cimol nih, belakangan ini cimol sedang naik daun. Banyak dari kalangan artis yang mempromosikan jajanan yang masih satu lingkup dengan cilok ini. Varian yang muncul belakangan inipun lebih variatif dan mengikutri perkembangan zaman. Seperti varian cimol yang di dalamnya terdapat keju mozarela yang siap menggoyang lidah anda.

Kepanjangan dari cimol ini adalah aci digemol, jadi tepung tapioka dibentul bulat-bulat lalu digoreng. Untuk varian cimol tradisional seperti zaman SD dulu, setelah digoreng cukup diberi dengan taburan bumbu dengan berbagai rasa. Biasanya cimol akan dimasukkan ke plastik berbentuk persegi dan atasnya diberi tusuk gigi sebagai alat makannya.

Gambar cimol, Sumber : kulinerkota.com
Gambar cimol, Sumber : kulinerkota.com

4. Batagor

Batagor merupakan singkatan dari bakso tahu goreng, dengan bahan utamanya terbuat dari tepung kanji yang dicampur dengan ikan tenggiri. Sampai sekarang batagor masih populer dan dinikmati semua kalangan, dari anak-anak hingga dewasa gemari mengonsumsi jajanan ini. Dalam pembuatannya biasanya menggunakan tahu sumedang, namun jika anda ingin membuatnya sendiri di rumah anda bisa mengunakan tahu putih sebagai alternatifnya.

Batagor biasanya disajikan dengan cara digoreng, kemudian disiram dengan bumbu kacang. Batagor akan lebih nikmat bila disantap pada saat masih hangat. Jika anda tidak ingin repot membuatnya, anda bisa membeli langsung ke penjual batagor. Batagor banyak dijual di pinggir jalan oleh pedagang kaki lima hingga restoran.

Gambar batagor, Sumber : tokopedia.com
Gambar batagor, Sumber : tokopedia.com

5. Cimin

Masih dari dunia peracian nih, untuk varian aci selanjutnya adalah cimin (cilok mini) atau bisa dikenal juga dengan nama (cilok telur). Cimin merupakan salah satu jajanan yang dijual di sekitar SD dan pinggir jalan. Berbeda dengan cilok pada umumnya, jajanan ini memiliki bentuk kotak yang dipotong kecil-kecil.

Kemudian cimin yang sudah dipotong kotak-kotak tadi digoreng dengan campuran telur. Setelah itu, cimin diberi bubuk cabe atau berbagai bumbu tabur beraneka rasa. Cimin memiliki tekstur yang kenyal dan rasa gurih yang bercampur dengan kombinasi taburan bumbu membuat jajanan ini laris di pasaran.

Gambar cimin, Sumber : food.detik.com
Gambar cimin, Sumber : food.detik.com

Selain membelinya langsung ke pedagang kaki lima, anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah loh. Anda bisa mencari resepnya melalui internet lalu mencoba membuatnya, akan lebih terjamin kebersihannya jika anda membuatnya sendiri. Namun jika anda tidak mau repot anda bisa membelinya ke pedagangnya langsung, tetapi tetap teliti dan cermat saat memilih pedagangnya ya. Pastikan pedagang tersebut menjaga kebersihannya ketika membuat jajanan yang anda inginkan.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai jajanan SD dari tepung. Semoga informasi di atas dapat membantu anda bernostalgia mengenai jajanan yang selalu anda rindukan dikala duduk di bangku sekolah dasar. Anda juga bisa mendapatkan informasi menarik seputar distributor tapioka maupun informasi lainnya dengan mengakses laman website kami.